April 29, 2012

Ikhtiar di Jalan Allah :)

Assalamu'alaikum wr wb readers hihi
kali ini aku lagi mau ngomongin tentang puasa, apa sih puasa?
ya benar, menahan hawa nafsu dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari (takok dewe dijawab jawab dewe hahaha) 
Hawa nafsu nya itu juga gak cuma makan dan minum aja tapi juga nafsu dan pikiran jelek kita, ya semisal ngomongin orang (kebiasaan cewek, astaghfirullah), trus nonton blue film (ya kebiasaan cowok, astaghfirullah juga), ngeliat cowok ato cewek cakep sampe gak kedip (astaghfirullah) dan keburukan2 kita lainnya.
Hmm, mungkin kebanyakan dari kita melaksanakan ibadah puasa saat bulan Ramadhan, ya meskipun ada juga yang melaksanakan puasa Sunnah yang manfaatnya bisa dibilang fantastic.Tapi pasti kebanyakan dari kita banyak beralasan dan ogah-ogahan buat puasa sunnah. Ya semisal mau puasa senin kamis tapi kehambat sama upacara bendera tar pasti gak kuat hmm padahal kan kita yang berusaha yang nentuin kuat nggak nya pasti kita juga dibantu semangat dan kekuatan sama Allah iya gak? trus ada lagi yang beralasan hari itu mau ditraktir makan sama temen ato kalo nggak ada syukuran di rumah keluarga (haha saya pernah ngalamin yang satu ini, sempat galau gitu hehe bahasa anak muda, galau), trus ada juga yang beralasan mudah sakit, dan lain-lain. 
Sebenarnya sih Allah gak pernah mewajibkan yang namanya puasa sunnah (ya mesti namanya aja puasa sunnah , gmana aku nih -__-) tapi Rasulullah bersabda:


"Wahai para pemuda, apabila siapa diantara kalian yang telah memiliki ba'ah (kemampuan) maka menikahlah, kerena menikah itu menjaga pandangan dan kemaluan. Bagi yang belum mampu maka puasalah, karena puasa itu sebagai pelindung." (HR Muttafaqun 'alaih).

jadi dapat diambil pelajaran bahwa dengan puasa kita dapat mengendalikan hawa nafsu, asalkan niat karena Allah dan dilakukan dengan tulus ikhlas. Masalah kita kuat atau tidak, walaupun umur sudah tua renta, ataupun menderita sakit yang tidak bisa meninggalkan makan, kalau Allah ridho pasti Allah akan membantu kita dalam berpuasa, Allah selalu membantu hambaNya yang berniat untuk berbuat baik. Berniat akan melakukan hal baik saja Allah sudah memberikan pahala apalagi kalau sudah dikerjakan? Dan juga jika kita terbiasa melaksanakan ibadah puasa insya Allah rasa lapar dan haus pun tak terasa. Itu karena izin dan kuasa Allah. Subhanallah. Ya memang untuk berpuasa secara tulus ikhlas karena Allah tidak mudah, jujur saya akui banyak cobaan yang datang menguji kita saat sedang berpuasa, misal teman yang membuat kita jengkel dan membuat amarah tak terkendali, lalu teman yang mengajak untuk menggunjingkan orang lain, dsb. Tetapi jika kita berusaha, Allah pasti menghargai usaha kita tersebut.

Dan mengapa juga kita berpuasa sunnah? kalo saya berpendapat saya sering menyadari bahwa kita di dunia ini tak lama, tujuan utama di dunia ini pun sudah jelas yaitu mencari ridha Allah SWT, agar Allah ridha agar Allah tak menyamakan kita dengan orang kafir, dan agar dapatkan surgaNya. Namun apakah kalian menyadari bahwa dalam sehari saja berapa kali kita beribadah? berapa kali kita menghadap Allah? dan bandingkan lebih banyak mana kesibukanmu untuk urusan dunia dengan urusan akhirat? pasti semua akan menjawab lebih banyak pada urusan dunia. Ya tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas semua tentang dunia, dan pasti susah bagi kita untuk mengatur waktu agar keduanya seimbang. Oleh karena itu berdasarkan artikel yang saya baca, jika kita ingin kehidupan kita seimbang, maka niatkan semua karena Allah, mulai dari belajar, beristirahat, makan, dan aktivitas lainnya, asalkan perbuatan itu positif.

"Barang siapa yang menghendaki kehidupan sekarang (duniawai), maka kami segerakan baginya didunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan kami tentukan baginya neraka jahanam. Ia akan memasukannya dalam keadaan tercela dan terusir"(Al Isra : 18).
"Dan barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha kearah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah seorang muslim, maka meraka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik" (Al Isra : 19).

Maksud kedua ayat Al Qur'an tersebut adalah jika kita menghendaki kehidupan sekarang niscaya Allah tak akan memberi kita kehidupan dunia yang kita inginkan, dan jika kita menghendaki kehidupan akhirat niscaya Allah otomatis akan memberi kita kehidupan dunia dan kehidupan akhirat, meskipun kita tak mengharapkan kebahagiaan kehidupan dunia.

Selain itu bagi saya puasa termasuk salah satu bentuk ikhtiar saya sebagai seorang pelajar hehe. kan kunci sukses itu berdoa, ikhtiar, dan tawakkal. Nah, salah satu ikhtiar itu menurut saya adalah puasa sunnah, karena dengan puasa sunnah insya Allah dan saya sangat berharap Allah akan meridhoi usaha saya dalam belajar menuntut ilmu dan meraih kesuksesan. Jadi menurut saya ikhtiar itu tak hanya belajar dan belajar saja, bosen lah hehe, dan jika kita mampu kita juga dapat menambah ikhtiar itu dengan shalat malam atau kalau tidak yakin mampu bangun di sepertiga malam terakhir kita juga dapat shalat witir sebelum tidur :), dan jangan lupa untuk membaca Al Qur'an rutin tiap hari walaupun hanya satu ayat, hehe tenang aja Allah tak akan menghitung berapa banyak ibadah kita kok tapi Allah menilai niat ikhlas kita :)

jika kalian masih belum tahu betul macam-macam puasa sunnah dan manfaatnya, nih aku share linknya, semoga bermanfaat :) 
Tetap semangat dalam mengarungi lautan cobaan hidup dan tetap semangat meraih ridha Allah. maaf jika ada salah kata dan menyinggung perasaan, disini sebagai hamba Allah yang tak punya banyak ilmu hanya ingin share apa yang sedang terpikir dalam sanubari dan hanya ingin mengajak dalam kebaikan tak ada niat mencela suatu kaum pun, semoga Allah meridhoi Aamin ya Robbal 'alamin ^^

MAN JADDA WA JADA!!!

Wassalamu'alaikum wr wb:)

-tstndmghfr, 4/29/2012 4.47 PM ditulis dengan penuh semangat dalam mengajak ke kehidupan yang hakiki, surga-

2 comments:

  1. Wow keren, semua harus dilandasi dengan keikhlasan n tk lupa bersyukur, pasti Allah meridhoi usaha kita, amiinnn Ya Robb
    tetep semangat yaaa :))

    ayoo puasaaa^^
    hehe

    ReplyDelete
  2. wahhhh,,,,,
    mamah tusty tetap semangat yaa :D

    ReplyDelete